Anda mungkin menemukan beberapa masalah pada roaming Wi-Fi saat menggunakan sistem Deco. Beberapa klien nirkabel Anda mungkin gagal terhubung ke Wi-Fi Deco saat fitur Fast Roaming diaktifkan. Beberapa klien nirkabel terkadang menjelajah ke node Deco jarak jauh meskipun mereka berada tepat di sebelah node lain.

Ini bertujuan untuk menjelaskan mekanisme roaming Wi-Fi pada sistem Deco dan membantu Anda memahami perilaku roaming klien nirkabel Anda.

Memperkenalkan mekanisme roaming Wi-Fi pada sistem Deco

Beberapa node Deco bekerja bersama untuk membentuk satu jaringan Wi-Fi mesh. Klien nirkabel Anda secara otomatis terhubung ke Deco yang memberikan kecepatan tercepat saat Anda bergerak di rumah, menciptakan pengalaman online yang benar-benar mulus. Dukungan untuk protokol roaming IEEE 802.11k/v/r berarti beralih dari satu Deco ke yang lain begitu mulus sehingga tidak terlalu mencolok, bahkan selama streaming dan bermain game.

  1. 802.11k (Pengukuran Sumber Daya Radio)

Dengan 802.11k, sistem Deco secara berkala mengumpulkan informasi dari lingkungan nirkabel di sekitarnya dan memberi klien nirkabel daftar node Deco terdekat yang tersedia untuk dijelajahi. Laporan Tetangga berisi informasi tentang titik akses (AP) tetangga dan membantu klien nirkabel memahami sekelilingnya dengan cepat.

b. 802.11v (Bingkai Manajemen Transisi BSS)

Dengan 802.11v, Deco tidak hanya akan menanggapi permintaan Laporan Tetangga klien Wi-Fi, tetapi juga mengevaluasi kualitas koneksi nirkabel. Ketika kualitas koneksi nirkabel saat ini buruk dan ada node Deco yang memberikan pengalaman nirkabel yang lebih baik, Deco akan merekomendasikan klien nirkabel untuk menjelajah dan mencegah klien menempel ke node Deco tertentu dalam banyak kasus. Apakah akan melakukan roaming ditentukan oleh klien dan Deco hanya memberikan saran roaming.

c. 802.11r (Transisi BSS Cepat)

Untuk membantu wireless client melakukan roaming dari satu Deco ke Deco lainnya pada jaringan yang sama, 802.11r memiliki fitur yang disebut dengan Fast Basic Service Set Transition (FT) untuk membuat proses otentikasi wireless menjadi lebih cepat. Jadi, waktu yang dibutuhkan klien yang mendukung 802.11r untuk beralih ke Deco lain berkurang. Standar 802.11r meningkatkan kualitas koneksi terutama untuk aplikasi yang sensitif terhadap latensi, seperti panggilan Skype yang aktif.

Catatan: 802.11k/v/r berlaku hanya untuk klien nirkabel yang juga mendukung 802.11k/v/r.

Jika klien tidak mendukung 802.11k/v, mereka tidak akan menanggapi permintaan penyelidikan 802.11k sehingga Deco tidak akan memandu mereka untuk menjelajah dan penjelajahan hanya dapat dimulai oleh klien sendiri. Dalam situasi ini, klien dapat tetap menggunakan Deco sebelumnya.

Jika klien tidak mendukung 802.11r, mereka mungkin gagal terhubung ke Deco. Saat fitur Roaming Cepat diaktifkan di aplikasi Deco, bingkai Beacon nirkabel yang disiarkan oleh Deco akan membawa informasi terkait 802.11r. Beberapa klien tidak dapat mengenali informasi ini dan menjatuhkan bingkai Beacon ini, yang menyebabkan kegagalan koneksi.

Fitur yang melibatkan 802,11 k/v/r di aplikasi Deco

Teknologi Mesh

Luncurkan aplikasi Deco -> Ketuk ikon " Internet " -> Pilih simpul Deco apa pun -> Anda dapat melihat opsi Teknologi Mesh individu untuk klien yang terhubung ke Deco ini.

Atau Anda dapat Meluncurkan aplikasi Deco -> Ketuk perangkat tertentu di bawah daftar perangkat online / Kategori-> Klik tombol "Setting" di sudut kanan atas-> Anda dapat melihat opsi Teknologi Mesh untuk itu.

Catatan: Tidak semua produk Deco memiliki toggle untuk menghidupkan/mematikan Teknologi Mesh di APP. Untuk Dekorasi yang tidak dapat kami temukan di toggle ini, Teknologi Mesh diaktifkan secara default. Dan opsi ini akan ditambahkan dalam waktu dekat dengan peningkatan firmware.

Opsi Mesh Technology adalah sakelar untuk 802.11k/v. Dengan mengaktifkan fitur ini, klien dapat dengan mulus beralih ke node Deco yang memberikan kecepatan tercepat saat Anda bergerak. Nonaktifkan fitur ini hanya jika Anda ingin menonaktifkan roaming mulus antara Deco untuk klien ini. Setelah opsi ini dinonaktifkan, roaming hanya dapat dimulai oleh klien sendiri.

Fast Roaming

Luncurkan aplikasi Deco -> Klik " More " -> Klik " Advanced " -> Klik " Fast Roaming "

Fast Roaming dengan 802.11r mengurangi waktu otentikasi dan memungkinkan klien nirkabel untuk mengalihkan koneksi ke node Deco yang berbeda dengan mulus.

Tanya Jawab

T1: Mengapa klien saya gagal menyambung ke jaringan Wi-Fi Deco atau memutuskan sambungan dari jaringan Wi-Fi Deco saat Fast Roaming diaktifkan?

Beberapa klien nirkabel tidak mendukung standar 802.11r dan tidak dapat mengenali informasi terkait 802.11r dalam bingkai Beacon yang disiarkan oleh Deco. Dalam hal ini, Anda mungkin menemukan bahwa klien ini mungkin gagal terhubung ke jaringan Wi-Fi Deco atau memutuskan sambungan dari jaringan Wi-Fi Deco setelah mengaktifkan fitur Fast Roaming.

Jika beberapa klien Anda mengalami masalah koneksi Wi-Fi, disarankan untuk mencoba menonaktifkan Fast Roaming.

T2: Mengapa klien saya menjelajah ke node Deco lebih jauh? Mengapa klien saya tidak menjelajah ke Deco terdekat atau menjelajah dengan lambat?

Perilaku jelajah klien nirkabel bergantung pada beberapa faktor.

1. Jarak yang lebih pendek tidak berarti sinyal yang lebih kuat.

Rintangan dan gangguan nirkabel dapat memengaruhi kualitas sinyal unit Deco. Anda dapat lebih memahami kualitas sinyal AP di sekitarnya melalui perangkat lunak analisis Wi-Fi seperti Wi-Fi Analyzer.

2. Tidak mencapai ambang batas roaming.

Untuk pengarahan AP, hanya ketika kekuatan sinyal AP saat ini menjadi lebih rendah dari ambang batas dan kekuatan sinyal AP lain cukup baik, Deco akan merekomendasikan klien untuk menjelajah melalui 802.11k/v.

3. Perilaku roaming dapat bervariasi tergantung pada klien.

Deco hanya bisa memberikan saran roaming. Apakah akan menjelajah atau tidak tergantung pada klien itu sendiri karena memiliki ambang batas jelajah sendiri juga, yang diputuskan oleh pabrikannya. Dalam hal ini, klien dapat menolak saran roaming atau merespons dengan lambat yang menyebabkan penundaan roaming. Ada juga beberapa klien yang mungkin memutuskan untuk melakukan roaming meskipun Deco tidak merekomendasikan roaming.

Jika Anda ingin menghentikan roaming klien Anda terutama untuk perangkat stasioner, Anda dapat mencoba menonaktifkan opsi Teknologi Mesh untuk klien ini. Deco tidak mendukung fitur untuk memperbaiki klien ke Deco tertentu saat ini.

Jika klien Anda tidak menjelajah ke Deco terdekat, harap periksa apakah target roaming memberikan kekuatan sinyal yang jauh lebih baik. Silakan periksa apakah klien Anda yang lain juga tidak berkeliaran di bawah gerakan yang sama.

Source :https://community.tp-link.com/en/home/forum/topic/180194