Proses Pemasangan

Home » Proses Pemasangan
1
2
3
4
1

Menentukan Titik Pemasangan

Setelah tim teknis tiba di lokasi, mereka akan langsung menentukan titik pemasangan berdasarkan data dari hasil survei sebelumnya atau titik pemasangan sudah di rundingkan terlebih dahulu dengan customer atau pemilik gedung.

2

Memasang Tower

Setelah menentukan titik pemasangan, tim teknis Nusanet akan langsung mulai memasang tower. Tower yang digunakan ada 2 jenis, triangle tower (biasa digunakan ketika pemasangan pada daerah rendah) dan tiang pipa (biasa digunakan untuk rumahan).

 triangletower
Triangle Tower
tiang pipa
Tiang Pipa
3

Pointing

Langkah selanjutnya adalah pointing radio / pemancar. Radio ini ditempatkan pada tower yang sudah dipasang sebelumnya dan diarahkan (pointing) ke POP (point of presence, serupa dengan BTS).

 

 

DSCF6551

 

Pointing ini merupakan proses yang penting, karena yang menentukan link baik atau tidaknya adalah proses ini. Adapun beberapa point yang diperhatikaan pada saat pointing adalah:

  1. Jarak antara POP dengan tempat pemasangan
  2. Frekuensi
  3. Link capacity
4

Setting jaringan Lokal

Setting jaringan lokal dilakukan setelah proses pointing selesai dilakukan. Tim teknis Nusanet akan membantu customer dalam melakukan installasi jaringan lokal. Beberapa hal yang biasa dilakukan oleh tim teknis Nusanet:

  • Setting router wireless
  • Setting mikrotik
  • Switching
  • Integrasi aplikasi kedalam jaringan Nusanet

Apabila semuanya sudah selesai maka tahap terakhir adalah serah terima link dimana tim teknis Nusanet akan melakukan link test berdasarkan paket yang diambil dan di saksikan oleh customer.