Apa itu Juice Jacking?

March 12, 2018
Timmie Maria

Kehadiran ponsel pintar seakan tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Apalagi kita sanggup menghabiskan berjam-jam di depan smartphone. Pada saat berpergian pasti para pengguna smartphone pasti sering mengalami gelisah lantaran bingung mencari tempat pengisi daya, apalagi disaat baterai sedang krisis-krisisnya.

Kita banyak menemukan outlet-outlet pengisi daya di tempat-tempat umum, contohnya saja Airport, Stasiun, Cafe, dan tempat lainnya. Pasti banyak dong dari kita yang melihat outlet pengisi daya baterai bak melihat surga? Tentu! Namun tahu tidak ternyata dibalik itu semua, mengisi daya baterai di tempat umum berpotensi menyebarkan virus/malware ke perangkat kita hingga mengambil alih seluruh data atau biasa dikenal dengan istilah Juice Jacking.

Pada saat kita menghubungkan ponsel dengan USB pada outlet pengisi daya, saat itulah Juice Jacking bekerja. Kenapa? Karena kabel yang kita gunakan ialah kabel USB yang juga berfungsi untuk mentransmisikan data. Nah, sialnya apabila ponsel kita langsung terhubung dengan komputer tersembunyi, maka data-data akan sangat mudah diretas dan dikirimkan ke perangkat lain yang berbahaya, kemudian yang paling parahnya, attacker bisa saja menyuntikan kode berbahaya ke perangkat kita. Kurang lebih seperti itulah cara kerja juice jacking.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari Juice Jacking?

Pertama, pastikan baterai ponsel Anda terisi penuh sebelum melakukan aktivitas. Untuk jaga-jaga bawalah powerbank kalau tidak ada maka bawalah charger pribadi Anda sendiri dan ingat, hubungkan langsung ke colokan listrik. Kalau-kalau ketika terdesak dan harus menggunakan USB yang tersedia pada oulet pengisian daya, lebih baik mematikan mode transfer data yang bisa di setting dari ponsel Anda ataupun mematikan ponsel Anda demi menghindarai hal-hal yang tidak diinginkan.

Juice jacking sebenarnya istilah yang cukup asing dan sangat jarang didengar. Namun dengan membagikan artikel ini dan memberikan informasi seperti ini baik kepada anak, orang tua, keluarga, teman ataupun relasi kerja, dapat membantu diri kita dan orang lain terhindar dari cyber crime yang sekarang ini semakin canggih dengan aksi yang sangat beragam. Semoga artikel ini dapat membantu. Have a nice day!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *