Mitos atau Fakta: Mematikan Fitur WiFi Saat Tidak Digunakan Dapat Menghemat Daya Baterai

internet

wifi

Sumber : Tekno Kompas

Saat kita bepergian, smartphone adalah salah satu barang yang wajib dibawa. Bagaimana tidak? Ponsel sekarang bukan cuma berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga untuk pembayaran digital, pesan transportasi online, hingga mencari hiburan. Dan pastinya, daya baterai smartphone kamu harus di level aman supaya bisa digunakan untuk berbagai keperluan tersebut.

Bicara soal daya baterai, kamu mungkin pernah dengar kalau mematikan fitur WiFi saat lagi tidak digunakan, baterai ponsel kamu bakal lebih hemat. Apakah ini benar atau cuma mitos? Yuk, kita bahas bareng-bareng.

internetSumber : Techno ID

Benarkah Mematikan WiFi Membantu Menghemat Daya Baterai?

Statement bahwa mematikan fitur WiFi membantu menghemat daya baterai bukan tanpa sebab. Logikanya, saat WiFi aktif, ponsel terus-menerus mencari dan terhubung ke jaringan WiFi tersebut. Akibatnya penggunaan daya baterai yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, banyak yang percaya bahwa dengan mematikan WiFi saat tidak digunakan, kamu dapat mengurangi konsumsi daya baterai. Logika ini memang bisa diterima dan ada benarnya juga.

Namun, kamu juga perlu memahami bahwa pengaruh mematikan WiFi terhadap daya baterai tergantung sejumlah faktor lain, seperti:

  • Durasi Penggunaan WiFi: Jika penggunaan WiFi kamu singkat, mematikan ataupun membiarkan WiFi aktif mungkin tidak berdampak besar terhadap konsumsi baterai.
  • Pengaturan Otomatis: Kebanyakan smartphone sudah dilengkapi dengan pengaturan otomatis yang bisa mendeteksi kapan WiFi perlu dimatikan untuk menghemat daya. Kalau sudah ada pengaturan otomatis ini, kamu tidak perlu lagi mematikan WiFi secara manual.
  • Mobile data: Jika koneksi data seluler atau mobile data aktif, ponsel kamu tetap menggunakan daya baterai. Dalam hal ini, percuma mematikan WiFi karena tidak akan menghemat daya baterai.

Faktanya Mobile Data Lebih Boros Baterai

Pilihan antara menggunakan mobile data atau koneksi WiFi untuk internetan memang preferensi pribadi. Namun, jika dibandingkan, manakah di antara keduanya yang paling boros baterai? Ternyata, justru mobil data lebih boros, lho.

Dikutip dari laman Tech Evaluate, mobile data umumnya lebih memakan baterai daripada WiFi sebab koneksi mobile data terhubung ke koneksi seluler dasar dan jaringan internet. Alhasil, ponsel kamu menggunakan banyak energi untuk melakukan beberapa hal sekaligus. Justru menggunakan WiFi akan lebih baik jika tujuan kamu adalah meningkatkan daya tahan baterai ponsel.

Tips untuk Menghemat Daya Baterai

Pertanyaan selanjutnya: kalau mematikan fitur WiFi tidak berdampak signifikan untuk menghemat baterai, lantas bagaimana caranya supaya daya baterai awet?

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat membuat baterai HP cepat habis, mulai dari penggunaan aplikasi hingga koneksi internet. Namun, ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk menghemat baterai HP, di antaranya:

  • Aktifkan Mode Hemat Daya: Mode hemat daya membatasi kecepatan mesin hingga 70% dan menurunkan kecerahan layar hingga 10% sehingga lebih hemat baterai.
  • Gunakan Mode Pesawat: Meskipun membuat HP offline, mode pesawat berguna untuk memperpanjang masa hidup bateraimu.
  • Kurangi Kecerahan Layar: Mengurangi kecerahan layar HP bisa kamu lakukan melalui pengaturan di menu Setting. Kamu juga bisa menonaktifkan kecerahan otomatis untuk mencegah kecerahan layar berlebihan.
  • Hindari Aplikasi di Latar Belakang: Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang bisa menguras baterai. Maka, hapus atau nonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.
  • Matikan GPS: Kalau tidak sedang menggunakan peta, GPS sebaiknya dimatikan untuk menghemat baterai.
  • Aktifkan Dark Mode: Jika HP kamu memiliki layar AMOLED, menggunakan dark mode bisa menghemat baterai, lho. Ini karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna gelap sehingga konsumsi daya lebih sedikit.

Selain itu, Google juga memberikan beberapa tips tambahan untuk menghemat baterai HP Android, yaitu: menonaktifkan suara atau getaran keyboard, membatasi aplikasi yang memerlukan penggunaan baterai tinggi, dan menghapus akun yang tidak digunakan.

Kesimpulan

Asumsi bahwa mematikan fitur WiFi saat tidak digunakan dapat menghemat daya baterai HP ternyata memang ada benarnya. Namun, dampaknya mungkin tidak terlalu signifikan, apalagi jika mobile data ternyata masih aktif. Justru internetan dengan WiFi ternyata lebih hemat baterai dibanding koneksi mobile data.

Nah, kalau kamu lagi butuh layanan WiFi yang mengutamakan speed, security, dan stability, Nusanet jawaranya. Tidak hanya menghadirkan koneksi yang bisa diandalkan, Nusanet juga memberikan perhatian ekstra untuk melindungi kamu dari spam dan customer support 24 jam.

Yuk, bergabung dengan ribuan pelanggan yang sudah merasakan keunggulan layanan Nusanet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *