Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih ISP

January 31, 2018
Timmie Maria

Penggunaan internet dari tahun ke tahun semakin bertambah, saat ini pengguna internet terbesar adalah China dan Amerika Serikat. Sementara Indonesia menduduki peringkat ke 6. Dipastikan pengguna internet dari seluruh dunia akan terus meningkat. Mengingat kebutuhan internet yang semakin tinggi dan banyaknya penyedia layanan internet, tak ada salahnya untuk menilik hal-hal apa yang harus kita perhatikan sebelum memilih penyedia layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan kita.

  1. Ketahui perbedaan jenis-jenis servis internet
    Pentingnya mengetahui berbagai jenis servis internet agar tahu mana yang paling sesuai untuk digunakan. Untuk penjelasannya bisa ditemukan pada artikel sebelumnya Perbedaan Service Internet (Fiber Optic VS Wireless)
  2. Ketersediaan Jaringan di Lokasi Anda
    Nah, ini salah satu yang paling penting. Apakah wilayah tempat Anda tinggal sudah tercover jaringan internet atau belum. Jangan sampai sudah deal harga dan sudah menyetujui syarat dan ketentuan, eh tau-taunya ISP yang bersangkutan belum bisa mengcover area Anda. Biasanya banyak ISP yang sudah me-listkan area mana saja yang sudah tercover jaringan mereka. Ada baiknya juga sebelum menyetujui semua syarat, ketentuan dan pembayaran melakukan survey lokasi dulu.
  3. Fitur yang ditawarkan dan Fitur tambahan
    Apakah fitur-fitur yang kita perlukan sudah ada dalam paket yang ditawarkan kepada kita. Misalnya kita perlu internet yang bisa men-support CCTV, atau yang bisa digunakan untuk nonton TV, atau bahkan yang bisa memberi solusi komunikasi telepon antar kantor. Tentunya setiap paket yang akan dipilih haruslah bisa memberikan solusi atas kebutuhan.
    Nahh selain itu apakah ISP tersebut ada memberikan fitur tambahan seperti email account, domain atau bahkan router . Tentunya hal-hal tersebut sangat menarik dan bisa cukup dipertimbangkan.
  4. Speed Download dan Upload yang ditawarkan
    Kita tentunya ingin mendapatkan kecepatan internet yang sesuai dengan harga yang kita bayar. Kita harus memastikan kecepatan internet yang akan kita ambil dapat meng-cover seluruh user yang menggunakan internet. Tentunya kecepatan internet yang lebih kecil tidak akan mampu meng-cover penggunaan yang besar. Untuk itu banyak-banyak berdiskusi dengan ahlinya juga akan membantu kita dalam membuat keputusan.
  5. Syarat, Ketentuan, Biaya dan Kontrak
    Apakah penggunaan internet Anda akan dibatasi setiap bulannya? Pastikan juga apakah ada peraturan yang tidak mengijinkan Anda untuk mengakses website tertentu. Mempertimbangkan biaya dan kontrak juga harus diperhatikan dengan teliti.
  6. Customer Support
    Apabila Anda mengalami gangguan atau kendala pada koneksi internet Anda, bagaimana ISP tersebut dapat membantu Anda? Apakah Anda dapat menghubungi mereka hanya dengan telepon, email, SMS/WhatsApp? Apakah mereka dapat menyediakan jasa kunjungan teknisi ke lokasi Anda apabila sewaktu-waktu diperlukan? Nah, untuk menilai bagaiman ISP menghandle permasalahan pada koneksi mereka, Anda bisa coba-coba untuk melihat testimonial ataupun rating yang diberikan oleh pelanggan mereka.

Nahh, biasanya calon user suka sekali membanding-bandingkan penawaran dari satu ISP ke ISP lain. Tidak masalah membandingkan selama masih “Apple to Apple” alias fair dan seimbang. Dari seluruh pertimbangan dan pilihan yang ada, pilihlah yang terbaik dan jadilah konsumen yang bijak. Semoga beruntung yaa!

 

Get in touch with us:

Google+
Instagram

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *