Hindari 5 Kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan!

December 7, 2017
Timmie Maria

Kita sering memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari, namun pernahkan kita berpikir bahwa kebiasaan buruk kita dapat membawa kita dalam masalah besar? Kalau dikaitkan dengan permasalahan IT Security, tentunya beberapa kebiasaan buruk tersebut bisa memiliki dampak yang tidak baik bagi diri kita sendiri ataupun bagi instansi yang memungkinkan rentannya pencurian hingga hilangnya data, masuknya virus hingga hacker. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa dijadikan best practice yang bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terkait IT Security.

  1. Jangan gunakan password yang sama untuk account yang berbeda


    Splash Data, sebuah perusahaan yang me-manage sistem penggunaan password dari seluruh dunia, selalu merilis daftar password terburuk didunia. Menurut data, password ‘123456’ menduduki peringkat teratas dari total 25 password terburuk didunia, sementara diurutan kedua diduduki oleh ‘password’. Kalau kita tetap menggunakan password yang umum seperti itu, bukan tidak mungkin data kita akan sangat mudah diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab.
    Tipsnya:

    • Buatlah password yang aman untuk setiap akun kita paling tidak dengan menggunakan 12 karakter yang terdiri dari gabungan huruf (baik kapital atau tidak), angka, dan tanda baca.
    • Ingatlah untuk tidak menggunakan password yang sama pada setiap akun atau website.
    • Jangan gunakan tanggal lahir atau tahun lahir, ini juga terlalu umum.
    • Jangan gunakan olahraga favorite atau tim olah raga kesukaan kita.
    • Ubah password secara rutin dan gunakan pola yang berbeda.
  2. Jangan sembarangan meng-klik link tanpa memastikan terlebih dahulu

    Source: https://www.opendns.com/phishing-quiz/

    Oknum kejahatan sekarang sudah sangat cerdas, saking cerdasnya mereka menyisipkan link yang berisi virus ke beberapa website dan bahkan mengirimkan link tersebut melalui email yang tampak seperti sungguhan.
    Tipsnya:
    Pastikan sekali lagi URL pada link yang diberikan dengan tampilan website yang muncul, apabila tidak sama, maka jangan meng-klik apapun bahkan men-download attachment apapun dari website tersebut.
    Untuk menghindari dari tindakan-tindakan phising, ada baiknya Anda mengikuti kuis berikut agar tahu membedakan mana website yang asli dan palsu. Klik disini: Phising Quiz

  3. Jangan tunda update Patch OS Anda
    Biasanya sistem ataupun aplikasi akan secara otomatis mengirimkan notifikasi untuk update dan kita dianjurkan untuk segera meng-updatenya sebelum ada oknum tidak bertanggung jawab yang mengeksploitasi sistem atau aplikasi tersebut. Menurut data statistic, para oknum bergerak cepat hanya dalam waktu 2 minggu setelah muncul notifikasi untuk update.
    Tipsnya:
    Segera update patch Anda begitu muncul notifikasi dan hindari untuk menggunakan fitur ‘remind me later’, jangan lupa juga untuk selalu mem-back up data Anda secara rutin.
  4. Berhati-hatilah saat menggunakan WiFi Publik
    Kita sangat membutuhkan koneksi internet dimanapun kita berada, baik di restoran, di bandara bahkan di taman umum. Namun, satu hal yang harus kita perhatikan bahwa tidak semua Wi-Fi Publik selalu aman dan berpotensi sangat beresiko.
    Tipsnya:
    Gunakan jalur VPN, karena dengan menggunakan VPN, traffic pemakaian kita akan lebih aman. Pastikan juga setiap halaman yang kita buka dalam bentuk “https” atau secure, apalagi ketika kita hendak memasukkan informasi pribadi seperti username dan password. Umumnya fasilitas publik seperti itu sangat mudah dimasuki oknum-oknum iseng.
  5. Jangan sepelekan permasalahan IT Security
    Setiap user wajib bertanggung jawab atas segala aktivitas yang dilakukannya secara online, tanpa harus melulu bergantung pada ahli IT. Maka dari itu, segala tindakan harus diperhatikan dengan jelas. Perusahaan juga wajib menginformasikan dan memberikan wawasan kepada seluruh staff tentang pentingnya untuk selalu waspada. Contohnya bisa dengan memberikan training mengenai dasar-dasar IT Security, bisa juga dengan menghimbau staff Anda untuk selalu menjaga device nya dan tidak untuk sembarang letak.

Semoga saja tips-tips diatas bisa diaplikasikan dengan baik ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Have a nice day!

Get in touch with us:

Google+
Instagram

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *