Internet Dedicated vs. Internet Broadband, Apa Bedanya?

Ketika kamu akan memasang WiFi di rumah, ada berbagai opsi koneksi internet yang tersedia dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dua jenis koneksi yang mungkin pernah kamu dengar adalah internet dedicated dan internet broadband. Keduanya memiliki cara kerja dan kelebihan masing-masing.

Memilih jenis koneksi untuk kebutuhan bisnis atau rumah adalah hal yang sangat penting. Untuk menentukan pilihan antara internet dedicated atau internet broadband, simak perbandingan lengkapnya dalam artikel ini!

Apa Itu Internet Dedicated?

Sumber : Envato

Dedicated internet atau internet dedicated (akses internet khusus) merupakan koneksi internet yang didedikasikan untuk satu bisnis atau pengguna dan tidak dibagikan kepada pengguna lain. Akses internet khusus ini dikirimkan melalui Ethernet atau jalur pribadi sehingga sambungan yang didapatkan lebih optimal dan tanpa gangguan.

Umumnya, internet dedicated digunakan untuk kebutuhan perkantoran atau pengelola coworking space. Karena bandwidth didedikasikan hanya untuk satu pengguna atau pengguna yang terbatas saja, maka performa internet bisa optimal. Artinya, jika lalu lintas jaringan padat atau menjadi berat, kamu tidak perlu khawatir kecepatan internetmu akan menurun.

Apa Itu Internet Broadband?

Sumber : Envato

Berlawanan dengan internet dedicated, internet broadband merupakan koneksi internet yang performanya dibagi ke semua pengguna atau perangkat. Ketika banyak perangkat, aktivitas digital yang dilakukan berat atau banyak pengguna yang mengakses jaringan, ada kemungkinan kecepatan internet yang kamu gunakan akan menurun.

Sebaliknya, jika pengguna internet, aktivitas digital yang dilakukan cenderung ringan atau perangkat yang terhubung sedikit, maka kamu akan merasakan kecepatan akses yang lebih tinggi. Internet broadband umumnya digunakan untuk sambungan WiFi di rumah karena kecepatannya bisa dibagi rata ke semua pengguna atau perangkat. Selain rumah, internet broadband direkomendasikan untuk kos-kosan, apartemen atau usaha skala kecil dengan jumlah pengguna internet terbatas.

Apa Perbedaan Internet Dedicated dengan Internet Broadband?

Sumber : Envato

Setelah mengetahui pengertian internet dedicated dengan internet broadband, kamu juga perlu mengetahui perbandingannya. Apa saja?

Dari Segi Kecepatan Unggah dan Unduh

Karena ukuran bandwidth-nya cenderung lebih besar dan stabil, kecepatan unggah maupun unduh internet dedicated umumnya lebih baik. Makanya, jenis koneksi ini lebih banyak digunakan untuk bisnis agar aktivitas harian dan kegiatan operasional tidak terganggu.

Sebaliknya, internet broadband memiliki bandwidth yang terbatas. Semakin banyak jumlah pengguna dan semakin tinggi aktivitas digital masing-masing perangkat yang terhubung ke jaringan internet, maka semakin rendah kecepatan unggah dan unduhnya.

Ketersediaan Jaminan SLA (Service Level Agreement)

Penyedia layanan internet dedicated memberikan jaminan berupa SLA (Service Level Agreement). Jaminan ini berguna ketika terjadi gangguan koneksi yang mengganggu kegiatan operasional bisnis. Jika ini terjadi, masalah dijamin akan selesai kurang lebih 4 jam (atau sesuai ketentuan provider internet yang kamu gunakan).

Dari Segi Biaya Berlangganan

Sebab internet dedicated memiliki bandwidth yang lebih tinggi, maka biaya yang harus kamu keluarkan untuk layanan ini cenderung lebih tinggi dibanding internet broadband.

Mana Pilihan yang Paling Cocok untukmu?

Sumber : Envato

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan antara internet dedicated dengan internet broadband, kamu mungkin bertanya-tanya, mana yang paling cocok untukmu? Jawabannya kembali pada peruntukan kebutuhan dan bujet yang kamu sediakan untuk internetmu.

Jika kamu menjalankan kegiatan operasional bisnis yang membutuhkan jaringan internet sepanjang waktu, menggunakan internet dedicated mungkin adalah opsi terbaik. Namun, jika kamu hanya membutuhkan jaringan internet sesekali saja, internet broadband sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

Untuk penggunaan di rumah, internet broadband lebih direkomendasikan karena harganya lebih ramah di kantong. Opsi ini tentu tidak bersifat mutlak, ya! Kamu memiliki kebebasan untuk memilih mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhanmu.

Apa pun kebutuhan internetmu, pastikan kamu memercayakan instalasinya kepada Nusanet. Nusanet telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dengan jangkauan pemasangan yang luas di berbagai kota di seluruh Indonesia. Hubungi kami sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *