Internet Hotspot untuk Hotel

March 30, 2017
Timmie Maria

Penggunaan internet sudah menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan dan menjadi tren masa kini. Tak ada hal yang tidak dilakukan di Internet, baik menyangkut kepentingan pribadi, sosial hingga bisnis. Tak heran banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas internet seperti Cafe, Sekolah, Kantoran, Hotel, Rumah Sakit hingga tempat ibadah. Dengan melihat kebutuhan yang beragam dan sangat banyak, kami memahami bagaimana pentingnya management WiFi yang baik. Nusanet menawarkan sebuah sistem WiFi Management yang sangat diperlukan untuk me-manage penggunaan internet khususnya di tempat-tempat umum.

Sebagai contoh kasus:
Sebuah hotel berbintang lima yang terletak di jantung Kota Medan dan terintegrasi dengan Mall dan Apartment terdiri dari 20 lantai dan lebih dari 300 kamar membutuhan internet berkecepatan tinggi dan streaming tanpa buffering, khususnya pada mayoritas pengguna mobile yang paling sering menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan.

Berikut Temuan yang didapatkan:

  1. Sinyal Wifi dalam kamar tidak bagus. Peletakkan Access Point di hotel sering hanya di lorong/koridor kamar, hal ini mempengaruhi kualitas sinyal Wifi di dalam kamar karena sinyal harus melewati dinding kamar yang tebal karena kedap suara. Yang menjadi masalah lainnya adalah handphone atau smartphone tamu, karena antena/power WiFi pada handphone biasanya lebih kecil daripada laptop sehingga problem akses lebih sering terjadi di smartphone. Masalahnya hampir semua tamu menggunakan smartphone.
  2. User sering mengalami kesulitan saat streaming Youtube atau video online lainnya karena Speed internet sangat lambat. Kapasitas Bandwidth yang disediakan belum memadai dan belum bisa mencukupi seluruh pemakaian sehingga menambah problem saat banyak tamu/peak season, karena terlalu banyak tamu yang menggunakan WiFi dan bandwidth yang tidak cukup dapat menyebabkan semua WiFi tamu bermasalah karena bottleneck di bandwidth.
  3. Selain kapasitas bandwidth, Acces Point WiFi pada lobby/hall bukan Carrier Grade sehingga hanya bisa melayani secara bersamaan (concurrent) 20-an user, sedangkan pada lobby/hall bisa terdapat ratusan user. 
  4. Controller Bandwidth yang belum terpusat merupakan salah satu masalah yang krusial karena harus dilakukan secara manual, dan tidak bisa dilakukan secara langsung oleh pusat.
  5. Sistem WiFi belum terintegrasi dengan sistem management Hotel
  6. Budget Hotel yang terbatas untuk investasi langsung.

Berdasarkan temuan, berikut ini Solusi yang kami sarankan:

Nusanet memberikan solusi pemasangan Internet Hotspot Hotel yang terintegrasi dan managable.

  1. Access Point Wifi di pasang di setiap kamar tamu.
  2. Kapasitas bandwidth besar dengan scheduling upgrade rutin setiap tahun.
  3. Access Point Carrier Grade di pasang di lobby dan setiap Hall
  4. Mengintegrasi seluruh sistem WiFi
  5. Sistem monitoring dan kontrol semua AP terintegrasi melalui aplikasi web-based.
  6. Semua switch menggunakan switch POE managed sehingga memungkinakan untuk me-manage VLAN per lantai, ada fitur STP  yang menghindari kemungkinan broadcast, monitoring dan reset setiap AP secara remote terpusat.
  7. Saat Access Point WiFi hang/mati, akan ada sistem notifikasi melalui email dan/atau sms sehingga sebelum tamu komplain, problem sudah dihandle terlebih dahulu.
  8. Bagian helpdesk Nusanet juga turut membantu memantau Access Point WiFi yang hang/mati.
  9. Web Sistem yang dapat dimonitor dikontrol terpusat yang memudahkan IT Department dalam mengontrol, mereset atau melakukan berbagai aktivitas lainnya yang diperlukan.
  10. Nusanet bersedia untuk Invest perangkat dan support untuk hotel dan hotel dapat mengurangi biaya investasi dan mendapatkan solusi yg pasti lebih reliable dan sesuai investasi.

Berikut ini beberapa dokumentasi saat instalasi di Hotel tersebut.

Pada sistem management WiFi, Nusanet menawarkan beragam fitur yang memudahkan Anda untuk mengelola penggunaan Internet yang bisa disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan fasilitator yang bersangkutan. Silahkan download attachment dibawah untuk menjawab apakah Anda perlu menggunakan WiFi Management Nusanet.

Attachments

NHospitality Wifi User Management

2 Comments. Leave new

Apakah layanan ini berbayar untuk user yang sudah berlangganan internet dari nusanet?

Reply

Selamat siang,
Apabila sudah berlangganan dengan Nusanet maka layanan ini di gratiskan 🙂

Terimakasih

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *