Mengenal Potentially Unwanted Program (PUP)

September 20, 2018
Timmie Maria

Apa itu Potentially Unwanted Program?

PUP adalah singkatan dari Potentially Unwanted Program, dalam artian adalah program yang terunduh meskipun tidak diinginkan oleh pengguna tersebut, contohnya seperti Adware ataupun Spyware. Biasanya PUP ini akan menumpang/disisipkan pada aplikasi/software gratis yang diinstal oleh pengguna, aplikasi/software ini biasa disebut Freeware. Meskipun gratis namun biasanya pengguna harus mengikuti kebijakan tertentu yang disertakan ketika akan mendownload Freeware tersebut, salah satu kebijakan yang paling umum adalah pengguna tidak diperbolehkan memodifikasi dalam bentuk apapun, namun salah satu yang paling khas dari Freeware adalah pengguna tidak bisa melihat source code software tersebut.

Sementara dilain sisi, PUP dengan Malware adalah dua hal yang berbeda. Malware terinstall tanpa adanya permission oleh penggunanya sementara PUP menumpang/disisipkan ke program lain. Berbeda halnya dengan virus, PUP tidak bertujuan untuk merusak namun bertindak dan bekerja diam-diam untuk tujuan tertentu guna memenuhi kepentingan pembuatnya. Meski tidak dikategorikan sebagai Malware, PUP bisa dihapus dengan aneka program Malware.

Bagaimanapun juga PUP tidak bisa dikatakan ilegal, karena pengguna sendiri yang memberikan izin akses untuk aplikasi/software tersebut. Meskipun dikatakan demikian, keberadaan PUP sangatlah mengganggu penggunanya. Umumnya PUP menampilkan iklan pop up dan pada setiap website yang dikunjungi akan selalu muncul iklan.

Cara Mengindari PUP 

Hindari menginstall program Freeware yang disediakan oleh beberapa situs yang tidak dikenal dan tidak dipercaya. Apabila terdapat PUP pada perangkat Anda, maka hapuslah PUP dengan menggunakan antivirus.
Kemudian selalu perhatikan dengan seksama ketika akan menginstall sesuatu ke perangkat Anda. Ketika menginstall hindari untuk memilih opsi “Standard Installation” atau “Quick Installation” namun pilihlah “Custom Installation”.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *