Mengintip Cara Kerja Google Voice Search

JAKARTA – Google baru saja meluncurkan Voice Search dalam bahasa Indonesia. Dengan layanan ini, semua pencarian bisa dilakukan dengan menggunakan ucapan saja. Nah, Google memberikan bocoran sedikit bagaimana layanan ini bekerja.

Dijelaskan Google Consultant untuk Indonesia Henky Prihatna, ada beberapa tahap yang dilewati dari pengguna hingga akhirnya mendaptakan kembali pencarian yang dimaksud. Henky mengatakan, setelah pengguna memasukan frasa yang dimaksud ke dalam ponsel, layanan itu akan menghubungkanya di cloud.

"Setelah memasukan frasa tersebut, langkah kedua adalah langsung menghubungkannya ke cloud yang dimiliki oleh Google. Ini kelebihan komputasi awan, bisa dimanfaatkan dimana saja dan kapanpun," katanya, di Jakarta, Rabu (16/3/2011).

"Langkah ketiga, setelah frasa tersebut dimasukkan, Google cloud akan melakukan filter, lalu mencari suku kata dan kemudian kemungkinan kata yang dimaksud," terangnya.

Selanjutnya, di cloud model suara Google akan mencari kata dan ekspresi yang tepat. Setelah semuanya cocok, Google akan mengirimkan send back melalui mengirim ke ponsel, dan itu dilakukan dengan sangat cepat, berkat cloud.
(tyo)

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *