Mengoptimalkan Kinerja WiFi Kantor Anda

May 2, 2016
Admin

Cara Mengoptimalkan Kinerja WiFi Kantor Anda

Cara Mengoptimalkan Kinerja WiFi Kantor Anda

Anda sudah berlangganan internet dengan kecepatan tinggi dan harga yang tinggi untuk kantor anda namun kecepatan internet masih terasa lambat? Kemungkinan kinerja sinyal WiFi kantor anda kurang, Apa sebabnya? Ada beberapa kemungkinan salah satunya adalah Wifi Router anda salah posisi sehingga sinyal WiFi terhalang. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri untuk meningkatkan kinerja sinyal WiFi.

  1. Pastikan bahwa dinding atau objek padat lainnya tidak menghalangi sinyal WiFi
    Material konstruksi seperti beton, logam, kayu, kaca dan lainnya dapat menghalangi serta melemahkan kekuatan sinyal WiFi. Semakin banyak penghalang antara WiFi Router dengan perangkat wireless anda, maka semakin lemah sinyal yang akan di terima.
  2. Lokasi Penempatan
    Pada umumnya, lokasi terbaik untuk meletakkan WiFi router anda agar sinyal WiFi mencakup seluruh ruangan di kantor anda adalah meletakkannya di tengah tengah kantor, tidak terhalang dinding atau kaca. Jika anda meletakkan WiFi router di samping kantor anda, coba pindahkan ke titik tengah ruangan kantor anda agar pancaran sinyal dapat menyebar ke seluruh ruangan.
    Jangan letakkan WiFi router di ruangan tertutup atau lantai, jauhkan dari lemari dan benda logam besar seperti lemari arsip.
  3. Periksa Network Adapter
    Periksa network adapter pada perangkat anda seperti komputer, handphone atau tablet. Anda akan mendapatkan kecepatan maksimal jika perangkat anda menggunakan network adapter dengan protokol 802.11n (wireless-N). Jika perangkat anda masih menggunakan network adapter dengan protokol 802.11g, maka kecepatan internet yang didapatkan terbatas (Maksimal 54Mbps).
  4. Tetap berada dekat dengan WiFi Router
    Secara teori, pancaran sinyal WiFi tanpa penghalang dapat mencapai 150 meter. Namun pada prakteknya, anda hanya akan mendapatkan sinyal WiFi terbaik saat anda berada di kisaran 15 sampai 30 meter
  5. Gunakan frekuensi yang berbeda
    Gelombang radio dari perangkat elektronik seperti microwave , televisi dan monitor dapat mengganggu sinyal WIFi anda. Biasanya ini hanya terjadi karena perangkat elektronik tersebut juga memiliki gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz hal ini dapat menyebakan terjadi nya gangguan atau interferensi. Jika anda merasa jaringan WiFi kantor anda terdapat gangguan, coba ubah jaringan ke frekuensi 5 GHz untuk meningkatkan kinerja jaringan WiFi
  6. Hindari Pengaturan Keamanan WEP
    Jika anda menggunakan pengaturan keamanan pada jaringan WiFi kantor anda, hindari pengaturan keamanan tipe WEP pada jaringan anda, karena kecepatan jaringan akan berkurang. Untuk mendapatkan kecepatan maksimal dengan keamanan jaringan, gunakan pengaturan keamanan tipe WPA2.
  7. Perhatikan kemampuan router dalam menangani jumlah Concurrent User
    Penggunaan Wifi di kantor tentu saja berbeda dengan penggunaan di rumah. Untuk penggunaan wifi di rumah, mungkin akan hanya terdapat kurang dari 10 perangkat wireless yang terkoneksi secara bersamaan (concurrent user). Namun berbeda dengan pemakaian di kantor yang memungkinkan puluhan hingga ratusan perangkat wireless terhubung bersama dalam satu waktu. Kemampuan router wifi dalam menangani jumlah concurrent user berpengaruh pada kinerja wifi kantor anda.
  8. Perhatikan DHCP Lease Time Router Wifi Anda
    DHCP Lease Time adalah jumlah waktu yang diberikan kepada perangkat untuk menggunakan dan menyimpan alamat IP. Semakin tinggi lease time, maka semakin lama perangkat tersebut menyimpan alamat IP. 24 jam adalah lease time yang di set secara default di hampir semua router wifi. Jika jaringan di kantor anda memiliki banyak perangkat (komputer, printer, dsb) atau memiliki range IP yang masih banyak, anda dapat meningkatkan DHCP lease time untuk mengurangi beban jaringan.
    Sebaliknya apabila anda memiliki range IP yang tergolong sedikit serta perangkat wireless yang sering keluar masuk koneksi jaringan, maka perkecil DHCP lease time router wifi anda. Agar perangkat wireless lainnya dapat mendapatkan alamat IP sehingga dapat terkoneksi kedalam jaringan.
  9. Perbesar range IP Address
    Sering mendapat kasus dimana perangkat wireless anda tidak dapat terkoneksi kedalam jaringan dikarenakan tidak mendapat IP (failed obtaining IP Address). Hal ini kemungkinan alokasi alamat IP router wifi anda sudah habis. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memperbesar range alamat IP dengan cara scope extension, resubnetting atau superscooping.
  10. Matikan Fitur Wifi Protected Setup (WPS)
    Wifi Protected Setup dirancang untuk memudahkan pengaturan jaringan keamanan wifi di rumah dan lingkungan kantor kecil. Fitur ini memungkinkan pembuatan jaringan wireless dengan cara yang lebih mudah. Pada Desember 2011, US-CERT melaporkan bahwa ditemukan celah keamanan yang memungkinkan seseorang mendapatkan akses tidak sah pada perangkat router / access point yang memiliki fitur WPS.
  11. Hindari Penggunaan Repeater / Wifi Extender
    Hindari penggunaan repeater atau wifi extender untuk memperkuat atau memperlebar cakupan sinyal wifi. Sebaiknya gunakanlah kabel penghubung ke access point untuk menambah jangkauan sinyal wifi kantor anda.
  12. Pilih Provider Internet yang Baik
    Saat ini sudah banyak tersedia perusahaan penyedia layanan internet. Pilihlah provider internet yang memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya, hindari provider yang hanya memberikan janji internet cepat namun kualitasnya tidak teruji.

Credit : Alfian, Hendra Chen, David Lim

1 Comment. Leave new

achmad suherman
November 21, 2016 11:34 pm

Artikel yang bermanfaat.. Saat ini saya sering mengalamai kendala koneksi internet yang tidak stabil, mungkin karena penempatan lokasi router wifinya yang kurang pas.. Makasih, jadi nambah wawasan..

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *