Password Sekali Pakai Bikin Aman Transaksi Online

passwordJakartaTidak sedikit pengguna internet banking yang merasa was-was ketika ingin bertransaksi online. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, password sekali pakai bisa dijadikan pilihan ketika ingin bertransaksi. Apa itu?

Internet memang semakin sering dijadikan media untuk bertransaksi. Selain lebih mudah, transaksi dengan cara ini juga lebih cepat.

Namun hal ini juga dimanfaatkan oleh para penjahat cyber untuk melakukan aksinya. Beragam aksi tipu-tipu pun dilakukan, mulai dari menyebar virus, hingga membuat situs palsu.

Nah, dalam seminar Internet Banking threat & Virus di Grand Indonesia, Kamis (22/7/2011), Alfons Tanujaya, spesialis antivirus dari Vaksincom membeberkan beberapa cara agar aman bertransaksi.

Menurut saya cara yang paling aman menggunakan adalah password sekali pakai. Karena ini bisa menghindari serangan spyware,” ujarnya.

Menurut Alfons, program pengintai kini semakin canggih. Mereka tidak hanya merekam pesan teks yang diketikkan melalui keyboard, melainkan bisa menangkap gambar (screenshot). Itulah kenapa password sekali pakai mutlak dibutuhkan.

Sejauh ini menurut saya penggunaan yang paling aman itu melalui token, karena memiliki password sekali pakai dan ditambah yang memberikan passwordnya itu server, jadi tambah aman,” pungkas Alfons.

Meski demikian, Alfons juga menyadari bahwa tidak ada sistem keamanan yang sempurna. Untuk itu pengguna disarankan menggunakan antivirus yang up to date, dan sistem operasi yang diperbaharui secara berkala.

( eno / ash )

Sumber : Detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *