Program Internship Dokter Indonesia

April 27, 2017
Timmie Maria

Internsip adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

PIDI (Program Internship Dokter Indonesia) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Selain itu PIDI juga merupakan sarana untuk penyetaraan berstandar pendidikan dokter Indonesia sesuai acuan World Federation Medical Association. Tujuan PIDI yaitu untuk mengasah kemahiran dan kemandirian dalam melaksanakan praktik kedokteran.

Di beberapa negara di Eropa program internship berlangsung selama 2 sampai 3 tahun setelah lulus pendidikan dokter. Sementara, dalam UU Pendidikan Kedokteran (UU Dikdok) di Indonesia, internsip diwajibkan untuk semua lulusan baru dokter sebagai bagian dari pendidikan profesi selama 1 tahun yaitu 8 bulan di Rumah Sakit dan 4 bulan di Puskesmas. Selama masa internship peserta PIDI akan dibimbing oleh supervisornya.

Pemilihan wahana internship merupakan saat-saat yang paling menegangkan. Bagaimana tidak, sistem siapa cepat dia dapat lah yang diterapkan oleh Komite Internship Dokter Indonesia (KIDI). Selain itu, pertimbangan mengenai lokasi geografis dan kondisi iklim juga merupakan faktor yang penting mengingat semua peserta akan tinggal di wahana internship selama 1 tahun.
(Sumber: depkes)

Sebaiknya, sebelum memilih wahana internship ada baiknya kita menentukan dahulu wahana mana yang ingin kita pilih. Siapkanlah beberapa pilihan wahana, jadi jikalau kita gagal memilih wahana yang kita inginkan, segera pilih wahana alternatif lainnya. Tentunya wahana-wahana yang sudah kita pilih tersebut sudah dipertimbangkan berdasarkan lokasi, biaya hidup, lingkungan sekitar,  adat istiadat dan beberapa aspek lain yang menjadi pertimbangan kita masing-masing. Selain itu, persiapkanlah koneksi internet yang kencang karena pemilihan wahana secara online dan benar-benar sangat membutuhkan koneksi yang kencang dan stabil.

Berdasarkan pengalaman dalam pemilihan wahana internship ini, nusanet telah melayani banyak peserta internship sejak tahun 2016 hingga sekarang. Tiap-tiap peserta pemilihan wahana internship memilih menggunakan internet dedicated nusanet dengan bandwidth >10 Mbps yang disertai fasilitas-fasilitas seperti ruangan ber AC yang nyaman dan suasana yang kondusif di kantor nusanet. Saat ini, sudah banyak peserta yang berhasil mendapatkan wahana favoritnya masing-masing. Persiapan yang matang merupakan kunci mendapatkan wahana internship favorit kita. Tak lupa sebelum pemilihan wahana internship diawali dengan doa agar segalanya menjadi lancar.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *