Semua yang Perlu Kamu Tahu tentang Jaringan Wireless yang Kita Gunakan Sehari-hari

Jika kamu adalah seorang pengguna gawai, istilah wireless mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Faktanya, saat ini sebagian besar orang sudah menggunakannya. Salah satunya mungkin dirimu. Apa sebenarnya wireless ini? Apa saja contoh dan manfaatnya? Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Wireless

wirelessSumber : Envato

Wireless terdiri dari dua kata, yakni wire yang artinya kabel dan less yang artinya tanpa (tanpa kabel). Maka jika disimpulkan, wireless network atau jaringan nirkabel merupakan jaringan komputer yang tidak memakai kabel atau memanfaatkan gelombang radio. Penggunaan wireless memungkinkan pengguna teknologi seperti perusahaan untuk menghindari proses pemasangan kabel yang mahal. Dasar dari sistem nirkabel adalah gelombang radio.

Salah satu contoh teknologi wireless yang sudah tersebar di mana-mana adalah WiFi (wireless fidelity). Jaringan nirkabel ini menggunakan koneksi data nirkabel antara node yang berbeda untuk menyediakan koneksi internet menggunakan gelombang radio untuk memungkinkanmu menghubungkan perangkat ke internet.

Satu dekade yang lalu, untuk bisa terhubung dengan internet, kamu membutuhkan modem. Saat ini, sebagian besar perangkat sudah terhubung secara nirkabel. Memungkinkan pengguna internet mendapatkan koneksi tanpa kabel yang kuat dan andal setiap harinya.

Jenis-jenis Jaringan Wireless

Sumber : Envato

Secara umum, ada 4 jenis utama jaringan wireless yakni:

  • Wireless LAN (Local Area Network). Jaringan ini menghubungkan dua perangkat atau lebih dengan menggunakan metode distribusi nirkabel, menyediakan koneksi lewat titik akses ke internet yang lebih luas
  • Wireless MAN (Metropolitan Area Network). Jaringan ini menghubungkan beberapa LAN nirkabel
  • Wireless WAN (Wide Area Network). Jaringan ini mencakup area yang luas seperti kota
  • Wireless PAN (Personal Area Network). Jaringan ini menghubungkan perangkat dalam waktu singkat, umumnya dalam jangkauan seseorang.

Contoh Teknologi Wireless

Sumber : Envato

Kini, teknologi wireless bisa kita temukan dalam berbagai bentuk mulai dari WiFi, inframerah, radio, Bluetooth, siaran televisi terestrial dan lain sebagainya. Beberapa contoh implementasi teknologi wireless antara lain:

  • GPS dan navigasi. Adanya jaringan wireless memungkinkan pengguna menemukan lokasi tertentu baik lewat udara, laut maupun darat dengan mudah
  • Komputer, laptop dan ponsel memiliki WiFi card yang memudahkan perangkat terhubung dengan internet sehingga tukar informasi bisa dilakukan secara real-time.

Manfaat Jaringan Wireless

Sumber : Envato

Karena tidak menggunakan kabel, jaringan wireless sering dianggap lebih praktis digunakan. Ada beberapa kelebihan jaringan wireless yang perlu kamu ketahui:

  • Mudah dan nyaman digunakan. Tanpa menggunakan kabel yang harus dicolokkan ke masing-masing perangkat, kamu bebas menggunakan perangkatmu di mana saja kamu berada
  • Dengan jaringan nirkabel, kamu bisa mengakses banyak jaringan nirkabel yang berada jauh dari rumah/kantor baik lewat hot spot zona terbuka yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider), coffee shop lokal atau lembaga pendidikan. Biasanya, jaringan internet nirkabel ini disediakan dengan biaya murah, bahkan tidak sedikit yang gratis
  • Mampu meningkatkan produktivitas. Bagi para pekerja yang bergantung pada teknologi seperti internet, terhubung dengan secara kuat dan konsisten dengan jaringan yang dibutuhkan adalah hal yang sangat penting, meskipun mereka berpindah-pindah tempat. Ini secara tidak langsung akan membantu meningkatkan produktivitas.

Adanya jaringan wireless memang memudahkan berbagai aktivitas kita. Rasanya, sulit membayangkan untuk kembali menjalani kegiatan harian tanpa teknologi ini. Setiap hari, kita menggunakan internet yang sebagian besar diakses lewat WiFi. Begitu juga pertukaran data lewat Bluetooth atau inframerah.

Dengan berbagai kelebihannya, bukan berarti teknologi wireless tidak memiliki risiko. WiFi misalnya, harus digunakan dengan bijak agar tidak menimbulkan kerugian bagi penggunanya.

Untuk jaringan WiFi yang aman dan berkualitas, pastikan kamu menyerahkan urusan instalasinya pada ISP berpengalaman. Nusanet dengan pengalaman selama puluhan tahun, siap membantu menyediakan jaringan internet tanpa kabel yang andal, aman dengan dukungan selama 24 jam setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *