Maksimal Kinerja Operasional! Ini Tips Memilih WiFi Terbaik untuk Bisnismu

Makin meningkatnya penggunaan laptop dan mobile device di dunia kerja, WiFi menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan bagi sebuah bisnis. Jika dahulu akses WiFi kebanyakan kita temukan di tempat umum, seperti kantor dan kafe, sekarang kegiatan kerja sehari-hari juga banyak yang mengandalkan WiFi.

Untuk kamu yang melakukan aktivitas bisnis dengan mengandalkan internet, penting untuk memilih provider serta paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Simak tips lengkapnya dalam artikel ini!

Apa Itu WiFi untuk Bisnis dan Kenapa Itu Penting?

Sumber : Envato

WiFi bisnis merupakan teknologi jaringan yang memungkinkan perangkat seperti laptop, printer, ponsel pintar dan kamera keamanan untuk mengakses internet lewat router tanpa kabel. Perbedaan utama antara jaringan WiFi di rumah dengan di kantor adalah jumlah pengguna yang bisa mengaksesnya, langkah-langkah keamanan dan tentu saja opsi paket bandwidth yang dibutuhkan.

Banyak perusahaan sudah membuktikan bahwa menyediakan layanan WiFi yang cepat dan andal kepada tim dan konsumen/pengunjung bisnis bisa membantu meningkatkan produktivitas karyawan serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Jika bisnis kamu ingin memberikan WiFi gratis kepada pelanggan, kamu bisa mengarahkan mereka ke landing page tempat kamu mengumpulkan data pengguna yang sangat berharga. Di halaman ini kamu juga bisa mempromosikan acara atau event khusus, menginformasikan produk atau layanan baru dan lain sebagainya.

Bagaimana Memilih WiFi Terbaik untuk Bisnis Kamu?

Sumber : Envato

WiFi memiliki beragam opsi yang mungkin akan membingungkan bagi kamu yang baru pertama kali menggunakannya. Untuk bisnis, ada berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan agar kamu tidak salah memilih. Simak tips-tipsnya berikut ini!

Pilih Dedicated atau Broadband?

Internet dedicated adalah internet dengan kecepatan atau bandwidth yang didedikasikan untuk setiap penggunanya. Biasanya internet dedicated digunakan oleh bisnis atau coworking space yang setiap penggunanya membutuhkan akses internet dengan kecepatan stabil. Karena alokasi bandwidth sudah ditentukan, kepadatan jaringan atau banyaknya pengguna tidak akan mengganggu kecepatan aksesnya.

Sebaliknya, internet broadband hadir dengan bandwidth yang terbagi berdasarkan banyak pengguna yang sedang mengakses jaringan internet. Semakin banyak orang yang menggunakan jaringan WiFi, maka kecepatan akan semakin menurun. Sebaliknya, jika hanya ada sedikit perangkat yang terhubung, biasanya kecepatan akan naik kembali.

Selain untuk kebutuhan di rumah, internet broadband juga banyak dipakai oleh bisnis kecil yang tidak terlalu bergantung pada internet (seperti warung atau kafe kecil). Agar tidak salah pilih, pastikan kamu mempertimbangkan jenis sambungan apa yang cocok dengan mempertimbangkan ukuran bisnis dan penggunaan harian WiFi perusahaanmu.

Pertimbangkan untuk Menggunakan Managed Networks

Menyiarkan sinyal nirkabel sangat rentan terhadap pencurian dan manipulasi data. Banyak pengusaha kecil tidak memerhatikan ini sehingga mereka tidak menggunakan perlindungan kemanan siber. Untungnya saat ini sebagian besar penyedia layanan internet sudah membangun dan mengelola beberapa atau seluruh kebutuhan solusi jaringan bisnismu lewat cloud computing yang lebih aman.

Pilih Perlengkapan yang Sesuai

Ukuran bangunan atau ruangan yang akan dipasangi WiFi juga menentukan jenis perangkat apa yang harus kamu beli. Kalau ruanganmu ukurannya besar, kamu mungkin memerlukan repeater atau extender WiFi untuk memperluas area jangkauan WiFi kamu.

Pilih ISP yang Tepat

Kalau kamu tidak ingin disulitkan dengan urusan pemilihan perangkat yang tepat, kamu bisa menyerahkannya kepada ISP (Internet Service Provider) yang kamu pilih. Selain menyediakan sambungan internet untuk WiFi bisnismu, mereka juga siap membantu agar instalasi WiFi-mu bisa optimal dan memenuhi kebutuhanmu.

Itu dia beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pemasangan WiFi untuk bisnis. Agar kinerja Operasional lebih maksimal kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan tools bantuan SaaS seperti nusawork untuk membantu kinerja tim HRD atau personalia kantor mu. Kamu juga bisa menggunakan Tools SaaS seperti nusaprospect untuk membantu kinerja tim sales dalam perusahaan kamu. Ingin kolaborasi yang nyaman dan mudah untuk bisnis? Kamu juga bisa menggunakan produk – produk dari google seperti google workspace Indonesia yang bisa dengan mudah kamu purchase di nusa.id

 

Apapun kebutuhanmu, pastikan kamu mempercayakannya kepada Nusanet. Nusanet dengan pengalaman selama bertahun-tahun siap memberikan solusi WiFi yang aman dan andal untuk bisnismu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *