Beda Fungsi Router vs Access Point: Mana yang Sesuai untuk Koneksi Super Cepat?

Internet kini telah menjadi salah satu kebutuhan penting yang menunjang aktivitas manusia. Mulai dari sekolah, perkantoran, hingga gedung pemerintahan membutuhkan koneksi internet. Sejauh ini, ada 2 perangkat yang bisa menghantarkan sinyal internet agar mudah dijangkau, yaitu Wireless Router dan Wireless Access Point.

Lantas, apa itu Wireless Router dan Wireless Access Point? Apa perbedaan keduanya? Mana yang sesuai untuk koneksi super cepat? Simak informasinya dalam penjelasan berikut!

Router vs Access Point

Sumber : Linkedin

Mengenal Pengertian Router dan Access Point

Berikut masing-masing pengertian dari perangkat Router dan Access Point:

Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengelola lalu lintas paket data atau jaringan internet ke alamat IP atau perangkat yang dituju secara efektif dan tanpa gangguan. Dalam menjalankan tugasnya ini, router menggunakan daftar jalur atau internal routing table untuk mencari tahu jalur yang paling efisien atau cepat untuk meneruskan jaringan internet ke alamat IP.

Pengertian Access Point

Access point, atau biasa disebut wireless local area network (WLAN), adalah sebuah perangkat yang menghubungkan piranti nirkabel (tanpa kabel) dengan jaringan lokal. Cara access point menghubungkan piranti dengan jaringan ini biasanya menggunakan teknologi seperti wifi, bluetooth, wireless, dan lain sebagainya.

Access point memiliki komponen yang berfungsi untuk memancarkan dan menerima sinyal internet dari atau menuju client server berupa:

  • Antena
  • Transceiver

Untuk dapat memancarkan sinyal, umumnya access point akan disambungkan menggunakan kabel ethernet menuju perangkat keras seperti router, hub, atau switch.

Perbedaan Router dan Access Point

Router dan access point sama-sama dikenal sebagai penghubung jaringan. Lalu, di mana letak perbedaan keduanya? Simak dalam perbandingan kinerja router dan access point berikut:

  • Dalam suatu jaringan, router dapat bertindak sebagai DHCP server, sedangkan access point tidak dapat melakukan fungsi tersebut.
  • Router dapat digunakan untuk internet sharing. Bahkan, perangkat ini dapat digunakan untuk akses ke beberapa perangkat komputer sekaligus. Sementara itu, access point tidak bisa untuk internet sharing dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti server jaringan.
  • Router bisa menjadi port direct yang membelokkan paket data, yang mana fitur ini tidak dimiliki oleh access point.
  • Router dapat bekerja sebagai pengontrol lalu lintas jaringan atau traffic shaping, sedangkan access point tidak dapat melakukan keduanya.
  • Router dapat bertindak sebagai port forwarding. Dalam perannya ini, router akan memetakan port service PC ke port Sementara itu, access point tidak bisa melakukan keduanya.
  • Router dapat langsung mengirimkan wireless ke perangkat. Sementara itu, access point membutuhkan perantara, yaitu router.
  • Router biasanya digunakan untuk skala kecil, misal organisasi, perumahan, atau sekolah. Sementara itu, access point digunakan untuk area perkantoran yang skalanya lebih besar.

Kesimpulan

Beberapa tugas dan fungsi yang dapat dilakukan oleh router tidak selalu dapat diterapkan atau dijalankan pada access point. Hal ini karena router memang didesain untuk dapat melakukan hal-hal spesifik yang tidak bisa dilakukan oleh access point. Jadi, jika kamu membutuhkan internet super cepat yang sesuai untuk penggunaan rumahan atau skala kecil, sebaiknya pilih router.

Nah, demikianlah informasi tentang perbedaan router dan access point yang perlu kamu ketahui. Kamu membutuhkan koneksi wireless dengan jangkauan luas agar internetan makin lancar untuk perumahan atau industri kecil?

Nusanet, dengan pengalaman puluhan tahun, siap menjadi Internet Solution Provider yang bisa membantu menyediakan koneksi wireless sesuai kebutuhanmu. Hubungi kami sekarang juga untuk mencari tahu layanan lengkap yang Nusanet sediakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *