Facebook akan rilis layanan email

Situs jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, hari ini (Senin 15 November) akan meluncurkan layanan emailnya.

Jika layanan email ini benar-benar diluncurkan, maka layanan email Facebook akan menjadi pesaing layanan serupa yang milik Google, Yahoo dan Microsoft.

Hingga Juli 2010, Facebook tercatat memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Tak hanya menjadi pesaing, layanan email dipastikan bakal membuat situs jejaring sosial karya Mark Zuckerberg itu semakin populer.

Sebelum rencana peluncuran layanan email ini, persaingan antara Facebook dan Google dalam menarik pengunjung di dunia maya sudah sangat ketat.

Serangan Facebook

Wartawan Teknologi BBC di Silicon Valley, California Maggie Shiel, mengatakan kompetisi kedua raksasa internet semakin memuncak setelah pekan lalu Google memblokir data kontak yang biasa diperoleh Facebook dari layanan surat elektronik Gmail.

Situs pencari terbesar itu mengambil langkah tersebut karena Facebook tetap memiliki kebijakan untuk menjaga privasi informasi kontak pengguna yang dimilikinya, sementara Google sangat meyakini keterbukaan dan saling berbagi data.

Selain itu Google juga menaikkan gaji karyawannya hingga 10% untuk mencegah perpindahan para karyawannya ke Facebook, yang dianggap memiliki budaya inovasi yang lebih baik karena perusahaannya lebih kecil.

Dan Facebook kini menyerang balik. Para analis internet menduga peluncuran Facebook email adalah sebuah serangan langsung terhadap Gmail, yang diperkirakan memiliki 170 juta pengguna di seluruh dunia.

Langkah Facebook ini menjadi gebrakan terbaru dalam pertarungan yang makin sengit dalam merebut supremasi internet global.

 

Sumber : BBC Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *