Kontrol Anti Spam Email Nusanet

May 26, 2016
Admin

spamexpertsDalam rangka meningkatkan pelayanan serta kenyamanan kepada anda para pelanggan, server email Nusanet telah terintegrasi dengan sistem SpamExpert dalam hal memberikan proteksi tambahan terhadap email spam, phishing dan scam yang diterima para pelanggan Nusanet.

SpamExperts adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keamanan email. Merupakan solusi email filtering yang user-friendly, memungkinkan untuk melindungi email Anda dari serangan email spam yang masuk maupun keluar.

Filter email ini bekerja secara otomatis saat anda menerima email, Email akan di routing ke system filter SpamExpert sebelum mencapai mailbox anda. Kemudian sistem akan memilah email yang dianggap spam akan disimpan di Spam Quarantine dan tidak akan dikirim ke mailbox anda. Sedangkan email bukan spam akan diteruskan ke mailbox anda.

Email yang mencurigakan akan disimpan ke dalam Spam Quarantine, sehingga anda pengguna dapat dengan mudah mengelola email dan menandainya sebagai email yang sah atau mencurigakan.

Untuk mengaktifkan fitur ini dapat anda lakukan dengan cara register alamat email anda di tautan berikut. Kemudian secara otomatis akan terdapat email dari antispamcloud yang meminta anda untuk set password.

Setelah melakukan registrasi alamat email. Anda dapat login ke control panel email anda melalui link antispamcloud.com . Setelah login berhasil maka berikut tampilan dashboard control panel email anda.

Dashboard

 

Log Search
Log search memungkinkan anda untuk melihat log email yang diterima, terblok atau sementara ditolak. Anda dapat mencari log dari email yang masuk berdasarkan kriteria kriteria yang diinginkan seperti subject, pengirim dan penerima email, sender/hostname, IP tujuan dan lain sebagainya. Setelah kriteria yang diperlukan sudah dipilih. klik start search untuk mendapatkan log.

emailspamexperts8

Setelah klik tombol Start Search, Anda akan mendapatkan daftar log untuk email tertentu yang masuk. Dari daftar log tersebut dimungkinkan untuk memeriksa status pengiriman (check delivery status) dan rincian error (error details) email menggunakan box dropdown di email tertentu.

emailspamexperts9

Anda dapat melihat status dari email berkaitan di bawah kolom Classification. Jika status email Rejected atau Temporarily rejected, alasan penolakan dapat dilihat di bawah status. Email dengan status Accepted, berarti email tersebut telah diterima untuk dikirimkan. Apabila pengiriman email gagal, sistem akan mencoba mengirimkan kembali secara otomatis. Tapi ketika server tujuan menolak email yang masuk, maka pengirim akan mendapatkan email pemberitahuan.

emailspamexperts10

 

Spam Quarantine
Pada bagian ini Anda dapat memeriksa kembali semua email yang dikarantina yang disimpan selama 30 hari secara default dan kemudian dihapus. Di sini Anda dapat mencari email dengan Subjek, Pengirim atau Penerima. Tombol Empty Spam dilakukan apabila ingin menghapus email yang dikarantina

emailspamexperts11

Daftar email tersebut dapat di release atau di remove dari karantina

  • Release and train, opsi ini akan mengirimkan email kepada penerima dan menganggap email sebagai bukan spam dalam sistem SpamExperts. (Recommended)
  • Release, opsi ini akan melepaskan email dari karantina dan hanya akan dikirimkan ke penerima.
  • Release and Whitelist, opsi ini akan melepaskan dan akan mengirimkan email kepada penerima yang dituju dan secara otomatis menambahkan alamat email pengirim ke Sender Whitelist.
  • Remove, opsi ini akan menghapus email dari karantina.
  • Remove and Blacklist, opsi ini akan menghapus email dan secara otomatis menambahkan alamat email pengirim ke Sender Blacklist.

Opsi Release and train lebih direkomendasikan agar email tersebut kedepannya tidak lagi dianggap sebagai spam oleh SpamExpert.

 

emailspamexperts14

 

Report Spam
Bagian ini memungkinkan Anda untuk melaporkan email spam. Anda dapat meng-upload sebuah contoh dari email spam yang dalam format eml termasuk header lengkap dan header tambahan SpamExperts

emailspamexperts23

 

Periodic Report
Pada area ini memungkin anda untuk menambah, edit dan hapus penerima laporan berkala. Setelah anda menambahkan alamat email, anda akan mendapatkan laporan berkala yang harian atau mingguan.

periodic report

Dari laporan berkala ini anda dapat melihat email email yang dianggap spam. Untuk email yang anda anggap bukan spam, anda dapat langsung memilih opsi Release atau Release and Train di email tanpa harus login ke antispamcloud.com

periodic report spamexpert

 

Whitelist/Blacklist
Menu ini memungkinkan Anda untuk mem-blacklist atau whitelist alamat email pengirim atau sebuah domain. Email yang dikirim dari pengirim yang masuk daftar whitelist akan dikirimkan ke folder Inbox akun email Anda, sementara email yang masuk dari pengirim yang tercantum dalam daftar blacklist akan otomatis ditolak.

Untuk whitelist / blacklist akun email tertentu, cukup tambahkan ke kolom Email Address/Domain dan klik Save.

emailspamexperts45

Jika Anda ingin mem-blacklist / whitelist semua account email yang terkait dengan beberapa nama domain, Cukup cantumkan nama domain di kolom Email Address/Domain.

emailspamexperts46

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *