Password WiFi yang Susah, Apakah Menjamin Keamanan WiFi?

Keamanan WiFi sangatlah penting. Salah satunya dengan memasang password WiFi yang kuat. Kenapa? Kalau orang gampang masuk ke jaringan WiFi kamu, kemungkinan mereka juga bisa mengakses data-data lokal kamu. Artinya, informasi pribadi yang penting rentan bocor.

Yang tak kalah penting, orang lain bisa dengan mudah memakai internetmu. Ini bisa membuat internetmu lemot dan bahkan tagihan internetmu membengkak. Yang paling ngeri kalau orang yang membobol WiFi-mu ternyata bikin ulah ilegal. Kamu sebagai pemilik jaringan bisa tersangkut kasusnya.

Jadi, jangan main-main dengan keamanan jaringan WiFi. Cara yang paling mudah untuk meningkatkan keamanan WiFi adalah dengan menggunakan password yang susah. Namun, apakah itu cukup untuk menjamin keamanan WiFI? Yuk, simak penjelasannya.

Password yang Kuat Seperti Apa?

Sumber : Konteks

Kekuatan password WiFi adalah pertahanan pertama terhadap serangan cyber crime yang umum terjadi. Nah, keamanan kata sandi bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti panjangnya dan variasi karakter yang digunakan. Semakin panjang dan kompleks kata sandi, semakin sulit bagi penyerang untuk menebaknya.

Lantas, bagaimana cara membuat password yang kuat? Ikuti tips berikut:

  • Pastikan kata sandi WiFi cukup panjang dengan kisaran 12 atau 20 karakter. Makin panjang kata sandinya, makin sulit untuk ditebak.
  • Variasikan berbagai jenis karakter dalam kata sandi, termasuk huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol khusus (seperti @, #, atau !).
  • Jangan menggunakan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata umum dalam kata sandi.
  • Buat kombinasi karakter yang acak agar sulit ditebak. Hindari pola sederhana seperti “12345678” atau “abcdefgh.”
  • Kesulitan membuat password yang susah? Tidak masalah! Kamu bisa pakai password generator untuk membuat kata sandi yang kuat. Ada banyak kok tool semacam ini yang tersedia secara gratis.

Password yang Susah Tidak Menjamin Keamanan WiFi, Lakukan Tips ini

Password WiFi

Sumber : Slash Gear

Kembali ke pertanyaan sebelumnya: apakah password yang susah sudah cukup untuk menjamin keamanan WiFI? Jawabannya adalah tidak.

Password WiFi yang susah memang bisa meningkatkan keamanan WiFI sehingga sulit ditebak dan sulit dibobol. Sayangnya, sekarang orang makin pintar membobol WiFi. Bahkan, ada aplikasi untuk mengintip kata sandi WiFi, lho.

Namun, kamu masih bisa menambah keamanan WiFi agar tidak menjadi target yang rentan. Berikut tips untuk semakin mengamankan jaringan WiFimu:

  • Batasi akses password WiFi ke orang-orang yang perlu saja. Hindari memberikan akses WiFi kepada orang asing.
  • Rutin ganti kata sandi setiap bulan atau setiap minggu.
  • Gunakan fitur “jaringan tamu” pada router. Fitur ini memungkinkan tamu untuk mengakses WiFi tanpa mengungkapkan password
  • Matikan siaran SSID agar jaringan WiFi kamu tersembunyi dari orang luar.
  • Gunakan enkripsi WPA3 jika tersedia, atau pilih WPA2 atau WPA3 untuk menambah keamanan jaringan.
  • Nonaktifkan Universal Plug ‘n Play (UPnP) jika tidak diperlukan.
  • Nonaktifkan remote management jika tidak diperlukan.
  • Matikan fitur WPS pada router untuk menghindari kerentanan keamanan.
  • Pastikan firewall di router selalu aktif.
  • Gunakan alamat IP statis alih-alih alokasi dinamis (DHCP) untuk perangkatmu.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan jaringan WiFi selain menggunakan password WiFi yang susah ditebak. Di samping itu, penting juga untuk menghindari layanan WiFi dari provider abal-abal karena keamanannya lebih rentan. Sebaliknya, gunakan layanan WiFi dari provider tepercaya yang dijamin secure seperti Nusanet.

Nusanet sendiri awalnya adalah perusahaan web hosting pada tahun 1996, tetapi sekarang telah menjadi ISP yang diakui secara nasional oleh Dirjen Postel. Dengan kantor cabang di berbagai kota, Nusanet menghadirkan dedicated dan broadband internet dengan teknologi radio wireless dan fiber optik, lho.

Berkat pengalaman selama puluhan tahun, Nusanet pun unggul dalam hal speed, stability, secure, dan support 24 hours. Kapan saja kamu perlu bantuan, tim help desk Nusanet selalu siap sedia!

Referensi:

Actiontec

How Strong does your wifi password?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *