iOS 17 Hadir dengan Berbagai Fitur: Bagaimana Performa Wi-Fi di iOS 17?

Sumber : Mashable

Apple baru-baru ini meluncurkan iOS 17 yang menghadirkan sejumlah fitur dan penyempurnaan baru buat pengguna iPhone dan iPad. Yang menarik perhatian adalah kamu sekarang bisa mengecek detail jaringan WiFi. Seperti apa fitur iOS 17 WiFi ini? Yuk kita cari tahu lebih lengkapnya.

Sumber : Youtube

iOS 17 Tambahkan Fitur Cek Jaringan WiFi

Satu hal baru di iOS 17 yang menarik perhatian adalah kemampuan untuk mengecek detail jaringan WIFi melalui Shortcuts. Tak ayal, fitur baru ini bikin penggemar teknologi dan para profesional Wi-Fi jadi penasaran.

Bagaimana tidak? Kabarnya fitur ini bisa memberikan gambaran tentang bagaimana koneksi Wi-Fi di perangkatmu tanpa perlu repot-repot pakai profil diagnostik Wi-Fi dari Apple.

Biasanya, Apple selalu mengunci informasi detail jaringan Wi-Fi dari aplikasi pihak ketiga. Alasannya karena pengguna rata-rata tidak membutuhkan informasi sedetail itu. Namun, sekarang dengan iOS 17, Apple memberikan opsi kepada pengguna untuk lebih mudah mengakses informasi ini.

iOS 17 WiFi: Ada Informasi Apa Saja?

Salah satu Shortcuts yang namanya “My Wi-Fi,” bisa memberikan laporan komprehensif tentang jaringan Wi-Fi yang sedang kamu pakai. Laporan ini tak hanya menyajikan info bawaan dari Apple, lho. Menariknya, ada juga data tambahan yang tidak bisa kamu dapatkan dari tindakan bawaan Apple.

Cukup dengan klik “Dapatkan Detail Jaringan” atau “Get Network Details” di Shortcuts, kamu bisa melihat info lengkap. Mulai dari nama jaringan (SSID), BSSID, standar Wi-Fi, dan kecepatan terima dan kirim data. Bahkan, informasi ini juga akan menampilkan RSSI (indikator kekuatan sinyal terima), tingkat kebisingan, dan nomor kanal.

Selain info-info standar, “My Wi-Fi” juga bisa menghitung signal-to-noise ratio (SNR) dan memberikan rating kualitas sinyal berdasarkan data ini. Selain itu, Shortcuts ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek vendor Access Point (AP) berdasarkan BSSID jaringan dengan menggunakan layanan cloud MAC Address Lookup.

Namun, karena informasi ini termasuk privasi, kamu perlu memberikan izin dulu. Pasalnya, BSSID dianggap sebagai info yang bisa dikonfirmasi keberadaannya. Jika sampai diketahui oknum yang punya niat tidak baik, info ini bisa dipakai untuk mencari tahu lokasi fisik kamu.

Di sisi lain, informasi iOS 17 WiFi ini berguna banget. Bukan hanya untuk kamu yang penasaran dengan koneksi Wi-Fi di perangkatmu, tetapi juga untuk mengatasi masalah. Bahkan, komunitas penggemar Wi-Fi juga terinspirasi oleh fitur ini.

Beberapa dari mereka pun sudah membuat Shortcuts yang bisa mengecek atau memproses detail koneksi Wi-Fi. Bahkan, sekarang banyak yang sedang eksplorasi potensi dari fitur baru ini.

Keterbatasan Info WiFi di iOS 17: Tidak Update Otomatis

Sayangnya, laporan-laporan detail iOS 17 WiFi ini tidak secara otomatis ter-update, ya. Namun, tidak sulit kok untuk meng-update informasi tentang WiFI ini. Kamu hanya perlu menjalankan lagi Shortcut-nya.

Meskipun ada keterbatasan ini, kemampuan mengakses info Wi-Fi yang terperinci melalui Shortcuts adalah improvement besar. Bagi pengguna yang ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang koneksi Wi-Fi mereka, Shortcuts ini tentu menjadi alat yang sangat berguna.

Kenapa Apple Menambahkan Fitur Ini?

Ada pertanyaan besar juga nih: kenapa Apple memberikan fitur ini lewat Shortcuts daripada membuat aplikasi khusus atau API publik? Shortcuts memang memberi keleluasaan, tetapi kadang bisa kurang intuitif untuk orang biasa.

Sebenarnya, banyak orang yang memerlukan aplikasi untuk memonitor koneksi Wi-Fi mereka. Khususnya tim IT, para profesional Wi-Fi, dan pecinta teknologi. Di Android, ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk memantau dan menganalisis koneksi Wi-Fi dengan mudah.

Adapun bagi pengguna iOS, Shortcuts bisa menjadi solusi sementara yang bisa digunakan meski mungkin belum sepraktis aplikasi Wi-Fi yang di Android. Sembari fitur ini terus berkembang, mungkin Apple bakal berubah pikiran soal akses data Wi-Fi dan memberikan solusi yang lebih ramah pengguna.

Sementara menunggu itu terjadi, kamu bisa eksperimen dengan fitur detail iOS 17 WiFi yang sudah ada. Kamu juga bisa mencari cara untuk memaksimalkan kemampuan ini untuk mengulik lebih dalam tentang koneksi Wi-Fi kamu ataupun troubleshoot masalah jaringan.

Bicara soal troubleshoot masalah jaringan WIFi, kamu tidak akan kerepotan memikirkan masalah ini kalau memakai layanan dari Nusanet. Kenapa? Dengan pengalaman selama puluhan tahun, Nusanet bisa kamu andalkan dalam hal Speed, Stability, Secure dan Support.  Tim Nusanet memberikan layanan 24 jam setiap harinya tanpa libur. Apa pun masalah yang kamu hadapi, tim kami siap membantu kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *