Riset: Username Unik Rentan Spam

PARIS – Hati-hati memilih username untuk profil anda di dunia maya. Hasil riset sejumlah akademisi Prancis menunjukkan, pengguna internet bisa dilacak hanya berdasarkan username mereka.
 
Tim peneliti dari National Institute for Computing and Automation Research di Grenoble mengembangkan sistem dengan menggunakan 10 juta username publik dari Google, eBay dan MySpace untuk menciptakan profil detail orang-orang sungguhan.
 
Dari penelitian itu mereka menemukan, semakin unik username seseorang, risiko spamming ikut meningkat. Pasalnya kemungkinan user adalah orang sungguhan juga semakin besar. Demikian dilansir Computer Business Review, Jumat (18/2/2011).
 
Peneliti juga mengingatkan, pelaku spam bisa menggunakan teknik analisis statistik serupa untuk mengirimkan pesan mereka kepada target. Grup lain seperti pemasar online pun bisa menggunakan metode profiling untuk mengumpulkan data pribadi tanpa sepengetahuan atau izin user.
 
"Pelaku spam bisa mengumpulkan informasi dari internet untuk mengirimkan pesan kepada target mereka. Contohnya, dengan memadukan profil Google dan akun eBay, mereka bisa mengirimkan email spam tentang berita sale."
 
Untuk menghindari spam, user disarankan menggunakan username berbeda pada situs yang berbeda. Peneliti juga menciptakan tool yang memungkinkan pengguna internet menguji keunikan username mereka.
(srn)

Sumber :                   Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *