Masih ingat permainan ini? ULAR TANGGA

October 19, 2017
Timmie Maria

Semua orang pasti pernah dengar atau sekedar memainkan permainan ular tangga. Yapp, permainan ini sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sudah dimainkan sejak kita kecil. Tidak hanya anak kecil, orang dewasa juga sangat suka memainkan permainan ini, karena ada keseruan tersendiri. Tau ga sih ternyata asal usul permainan ini dari India. Permainan ular tangga sendiri didasari pada ajaran karma yang terdapat dalam agama Hindu. Tangga menunjukkan perbuatan baik akan membuahkan hasil yang baik, sementara ular melambangkan perbuatan jahat yang akan menghasilkan bencana.

Di Nusanet sendiri permainan ular tangga ini sudah dimainkan selama kurang lebih setahun. Aturan permainannya sama seperti aturan umum yang biasa kita ketahui. Namun, keunikannya adalah tidak semua orang bisa memiliki kesempatan memainkan permainan ini. Hanya karyawan dengan predikat hall of fame dan best employee yang memiliki kesempatan. Untuk hall of fame dan best employee ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori dan karyawan dengan point terbanyak yang akan ditentukan sebagai juara I.
Nah, kalau biasanya pemain yang kalah akan dihukum oleh pemain yang menang, kalau di Nusanet tidak ada istilah kalah, namun siapa yang lebih dulu sampai ke garis finish akan mendapat reward uang tunai. Apabila dalam bulan berjalan tidak ada satupun pemain yang sampai di garis finish, maka reward uang tunai akan diakumulasikan di bulan berikutnya sampai ada pemain yang sampai pada garis finish.

Permainan ini tentu tidak dimainkan setiap hari, namun 2x dalam sebulan. Jadi permainan ini merupakan permainan yang cukup dinantikan oleh sebagian karyawan di Nusanet. Tujuan diadakannya permainan ini adalah untuk memotivasi karyawan dalam bekerja, dan merupakan salah satu bentuk penghargaan oleh perusahaan. Faktanya, seluruh karyawan jadi berlomba-lomba untuk menjadi terbaik dengan memberikan yang terbaik. 

Diatas ular tangga raksasa inilah, para petangguh bertarung memperebutkan juara. Bagaimanapun, siapa saja yang berhasil menjadi pemain sudah merupakan jawara. Menang atau tidak hanyalah bonus, karena semua tidak semata-mata tentang apa yang didapat, namun apa yang bisa diberikan yang terbaik khususnya bagi pelanggan.

   

Nahh, semoga cerita ular tangga diatas bisa menjadi referensi sekaligus best practices bagi organisasi maupun perusahaan lain. Terakhir, jika ingin menjalankan permainan ini maka jangan lupa untuk awasi agar tidak terjadi kecurangan namun jangan hilangkan rasa fun dalam permainan ini agar tujuan untuk memotivasi karyawan tadi dapat tercapai.

 

Jangan lupa ikuti kami di:

Google+
Instagram

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *