UTP vs STP. Mana lebih bagus?

November 8, 2017
Timmie Maria
UTP vs STP? Apa bedanya?

Memilih kabel LAN ( Local Area Network ) yang cocok dengan kebutuhan kita sangat mudah, tapi pertama tama baca dulu artikel kali ini tentang perbedaan kabel UTP dan STP. 

Kabel LAN UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair, yang mana didalam kabel UTP terdapat 4 inti kabel yang saling berbelit (Twisted) namun tidak memiliki pelindung (Unshielded) serta memiliki kode warna yang berbeda. UTP ini befungsi untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan LAN (Local Area Network). Kabel UTP ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan di pasaran, kenapa? Karena selain harganya lebih murah, kabel ini juga mudah dipotong karena hanya punya 1 kulit penyelubung dan 1 lagi jenis kabel UTP ini sangat cocok digunakan untuk lokasi indoor.

Sedangkan STP merupakan singkatan dari Shielded Twisted Pair, sesuai namanya jenis kabel ini memiliki pembungkus tambahan disetiap pasangan kabel yang berupa aluminium foil. Fungsi kabel STP ini sendiri tidak jauh beda dengan kabel UTP. Kabel STP ini paling cocok digunakan untuk lokasi outdoor.

Pengguna tidak disarankan menggunakan kabel UTP untuk lokasi outdoor karena secara karakteristik saja sudah berbeda dengan STP. Pada kabel STP, material logam dan isolatornya lebih keras. Pada material pembungkusnya, terdapat pembungkus plastik bening tipis, kemudian terdapat pembungkus aluminium foil dan sebuah kawat yang berfungsi untuk ground, pada pembungkus paling luar hampir mirip dengan pembungkus kabel UTP hanya saja lebih tebal sedikit. Untuk connector yang digunakan hampir sama, namun kabel STP menggunakan connector berlapis logam yang juga berfungsi sebagai connector ground tadi yang terdapat dibagian dalam kabel.

Kategori Kegunaan pada Kabel UTP

Category 1 (Cat1) Kualitas suara analog
Category 2 (Cat2) Transmisi suara digital hingga 4 Mbps
Category 3 (Cat3) Transmisi data digital hingga 16 Mbps
Category 4 (Cat4) Transmisi data digital hingga 20 Mbps
Category 5 (Cat5) Transmisi data digital hingga 100 Mbps
Enhanced Category 5 (Cat5e) Transmisi data digital hingga 1000 Mbps
Category 6 (Cat6) Mendukung transmisi di frekuensi 250 MHz
Category 7 (Cat7) Mendukung transmisi di frekuensi 600 MHz

Kabel Cat5 merupakan kategori kabel UTP yang paling sering digunakan. Nah, kalian juga bisa menentukan category mana yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan STP dan UTP, semoga bisa bermanfaat 🙂
Have a nice day!!

 

Follow kami disini ya:

Google+
Instagram

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *